MALAYSIA TRULY HOLIDAY PART 6

Penang George Town adalah kota terbesar di Malaysia setelah Kuala Lumpur. Satu hal yang engagumkan dari Penang adalah keberagaman budaya dan agama dalam satu lingkungan yang harmonis.

 

Penang
Geat city, Great story


Penang GEORGE TOWN
Penang George Town adalah kota terbesar di Malaysia setelah Kuala Lumpur. Satu hal yang mengagumkan dari Penang adalah keberagaman budaya dan agama dalam satu lingkungan. Dalam sebuah Street of Harmony, semua menjalankan kegiatannya dengan tertib dan rukun.Ketika Agama Budha sedang menjalani kegiataan keagamaan berkaitan dengan hari raya menjelang Chinese New Year, tak jauh dari situ ada Pura yang sedang merayakan Thaipusam yaitu festival Full Moon (Januari-Februari) yang dirayakan oleh komunitas Tamil yang beragama Hindu.

Duduk di pinggir jalan dengan minum es tarik atau makan nasi kandar dengan menatap kesibukan kota, sangat menarik dan damai.


Shangri-La’s Rasa Sayang Resort & Spa

Nama yang tak asing dengan Bahasa Indonesia ini merupa-kan sebuah resor di Penang, yang memiliki arsitektur yang khas dari artefak Rumah Minangkabau, sarat sejarah dan tradisi. Begitu melangkahkan kaki masuk ke dalam resepsionis, Anda akan merasa sangat homey. Didukung dengan fasilitas bertaraf internasional serta pepohonan yang rindang di sekeliling hotel membuat suasana sejuk dan nyaman. Sekilas Anda akan merasa berada di Bali, terutama ketika Anda bersantai di teras kamar yang juga terdapat Jacuzzi (Ya benar, Anda bisa berendam di teras), memandang kehijauan dan pantai.

 

Hotel resor ini memiliki kamar-kamar yang besar dan nyaman, lengkap dengan ruang tamu dan fasilitas bertaraf internasional, seperti 3 (tiga) kolam renang outdoor yang exotic dengan pemandangan laut, lapangan golf, water sport, health club, tenis meja, mini soccer, voli pantai, spa, taman bermain untuk anak-anak, beberapa aktifitas yang menyenangkan, restoran yang nyaman, Bar dan Lounge, ruang meeting serba guna yang bisa dijadikan tempat resepsi pernikahan.

Berlokasi di Batu Ferringhi, Anda yang menginap di Hotel ini bisa menikmati night market dengan berjalan kaki. Berbagai produk fashion menarik bisa ditemui dengan harga super miring dan aneka ragam makanan khas Malaysia yang enak pastinya.

 

 

Begitu banyak bangunan cantik di sepanjang jalanan Penang George Town. Semuanya terawat dan ditujukan untuk tempat wisata bagi turis.

Sebutlah kompleks Armenian Street dan sekitarnya yang dimeriahkan dengan mural art (seni melukis di tembok-tembok) dengan berbagai kisah yang humoris, simbol kehidupan warga George Town,  dan maupun karikatur.  Mural art digabungkan dengan beberapa properti seperti sepeda, motor,  dan kursi. Anda bisa foto bersama mural art tersebut dengan hasil yang unik. Sebagian  Mural art tersebut merupakan karya dari seniman muda dari Rusia bernama Ernest Zacharevic. Selain hasil karya di tembok, lukisan-lukisan tersebut juga diabadikan dalam berbagai bentuk suvenir seperti kaos dan notebook.

Sensasi berjalan kaki di sepanjang kompleks tersebut sambil minum teh jelly yang sangat segar menambah serunya jalan-jalan mengelilingi Street of Harmony.

Berbagai unsur budaya menarik bisa ditemui di George Town sebagai UNESCO World Heritage City. Seperti di Melaka, disini pun kental dengan budaya Baba-Nyonya, durian, es cendol dengan tempat sangat sederhana namun dengan antrian luar biasa, laksa, surga makanan yang diakui dan diramaikan berbagai perayaan setiap bulan.

 

 

Penang pun dipenuhi dengan berbagai kuil milik klan/keluarga. Salah satunya adalah Kuil yang dimiliki oleh Klan terbesar di Asia yaitu Khoo Kongsi, dengan sejarahnya yang luar biasa. Kuil tersebut dibangun setelah dengan gaya khas arsitektur China yang megah.

FUN FACTS
Ternyata, beberapa adegan dalam Film ”Anna & The King” (1999) mengambil lokasi di Penang yaitu:
•    Adegan “The Bangkok” mengambil gambar di Armenian Street
•    Adegan “The Royal Court Room” mengambil gambar di The Grand Ballroom di Penang Town Hall , Jalan Padang Kota Lama (Esplanade Road)
•    Adegan “Bangkok Harbour” mengambil gambar di Swettenham Pier, Penang Harbour
•    Adegan “The Temple” mengambil gambar di Kuil Khoo Kongsi

Beautiful Places must go in Penang

•    Berdiri sejak abad 19, perumahan tradisional ini dibangun dan dijembatani bahan material kayu dan diatas laut.
•    Snake Temple: dibangun sejak 1850, kuil ini dulu dipenuhi dengan ular dari rawa-rawa sekitarnya dan dibangun oleh seorang Pastor yang mempunyai kaul karena sembuh dari penyakit. Sampai sekarang, kuil tersebut juga masih dipenuhi berbagai jenis ular, hanya saja di dalam kandang dan akuarium untuk dipamerkan ataupun pengobatan.
•    Penang Butterfly Farm: terdapat kurang lebih 50 spesies kupu-kupu.
•    Toy Museum: pertama kali di Asia, museum ini memiliki kurang lebih 100.000 mainan, binek, dan action figures dengan luas 650 m².
• Penang Bird Park: terdapat kurang lebih 300 spesies burung dari seluruh dunia.
• Penang Botanical Gardens: taman seluas 30 hektar, terdapat Japanesse Garden yang paling favorit disaksikan para pengunjung.

 

 

TEXT RENNY CHANDRA, WAHAB SANGADJI, ARI ANASTASIA CHR | PHOTOGRAPHER ADIT SASTRADIPRADJA, RENNY CHANDRA, WAHAB SANGADJI, DOK. ISTIMEWA | SPECIAL THANKS TO TOURISM MALAYSIA, AIRASIA