MALAYSIA TRULY HOLIDAY PART 7

Di Gurney Drive, yang juga masih terletak di daerah Penang, Anda bisa makan hidangan laut dekat pantai. Selain aneka makanan lezat, berbagai produk fesyen juga bisa Anda nikmati.

Gurney Drive yang mencakup Pantai Gurney dan The G Hotel, Penang adalah lingkungan yang paling digemari. Karena ada pantai, hotel, dan Mall. Malam hari, Anda bisa makan sea food di dekat pantai. Night Market dimulai jam 5 sore, berbagai makanan dan cuci mata produk fesyen bisa Anda nikmati sampai tengah malam.

 

Lone Pine Hotel Penang
Jika Anda berlibur atau berbulan madu ke Penang, wajib merasakan salah satu hotel legendaris di Penang ini, yaitu Lone Pine Hotel, hotel butik mewah yang sangat indah dengan pesona kolonial modern.
Berlokasi di Batu Ferringhi, hotel ini memiliki banyak aktivitas water sport yang juga sangat berdekatan dengan night market. Pesona hotel butik ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dari laut dan pantai, serta suasana yang nyaman dan sejuk dikelilingi pohon pinus.

Dilengkapi 90 kamar yang cukup luas dengan interior yang didominasi unsur kayu dan bernuansa putih, Lone Pine Hotel memanjakan para tamunya dengan pemandangan yang teduh dan rileks. Sebuah liburan yang “mewah” untuk masyarakat urban yang terbiasa sibuk dan stres dalam kegiatan sehari-harinya.

 

 

Para tamu bisa berenang di kolam renang sambil menikmati pemandangan matahari terbenam ditemani minuman segar. Beberapa fasilitas lainnya adalah pusat kebugaran dan spa, money changer, ruang rapat dan function rooms. Bagi pasangan yang tertarik, bisa juga mengadakan acara pernikahan yang intim di tepi pantai atau kebun dengan dekorasi yang cantik.

Kwetiau Penang? Penang Bistro? Little Penang? Ternyata bukan hanya itu saja yang ada di Pulau Penang. Ajaibnya, Anda akan merasa seperti tidak berada di Malaysia. Penang memiliki banyak arsitektur yang sangat bergaya kolonial, tidak jarang Anda akan melihat deretan rumah bercat putih dengan desain artistik!


Places To Go
Penang Hill
Mendaki tentunya adalah hal yang wajar dan biasa, namun bagaimana jika Anda harus menaiki puncak gunung dengan sebuah kereta lisrik yang kecil? Di Penang Hill terdapat kereta listrik yang menukik tajam 90 derajat menuju puncak gunung. Jika Anda bukan penggemar kegiatan adreanlin atau bukan termasuk pecinta ketinggian, pasti akan merasa sedikit panik (pada awalnya) atau "sakit perut". Tapi sayang sekali jika Anda sampai melewatkan kesempatan ini. Namanya juga traveling kan, Anda harus mencoba berbagi hal baru yang menarik sebagai pengalaman. Turun di ketinggian 712 meter dan berjalan keluar dari stasiun, Anda akan menemukan pemandangan Pulau Penang yang sangat indah. Banyak sekali keluarga dan pasangan yang datang ke tempat ini ketika akhir pekan ataupun berlibur.

 

 

HARGA tiket menara
PENANG HILL
•    Dewasa: RM 30.00
•    Anak-anak (4-12 tahun): RM 15.00
•    Paket Keluarga (2 orang dewasa     + 1 anak): RM 65.00

FUN FACTS
•    Di Pulau Penang, terdapat dua jalan yang amat terkenal dan ramai oleh turis asing maupun lokal yaitu George Town dan Batu Ferringhi. George Town terletak di kota, sedangkan Batu Ferringhi merupakan daerah pantai di Pulau Penang.
•    Yang menarik adalah terdapat sebuah café yang sangat bercita-rasa Inggris yaitu David's Brown, Café ini adalah tempat bagi para pengunjung yang ingin menikmati waktu high tea.

Penang Peranakan Mansion
Ketika Anda memasuki mansion ini, terdapat meja informasi dimana Anda dapat memilih tour guide yang akan menemani selama berada di museum ini. Sedikit cerita tentang mansion yang dikenal sebagai tempat tinggal Baba-Nyonya ini, memiliki arsitektur perpaduan antara Cina dan Inggris, terlihat dari semua furniturnya yang antik dan bernilai sangat tinggi.

Banyaknya koleksi lampion, peralatan makan, lampu hias hingga vas-vas bunga menambah sempurna interior mansion tersebut. Ternyata, Rumah Baba-Nyonya akhirnya dijual dan dibeli oleh seorang kolektor benda-benda antik yang konon adalah orang terkaya di Pulau Penang. Lalu, direnovasi dan dibuat menjadi Penang Peranakan Museum. Koleksi yang disebutkan sebelumnya adalah beberapa koleksi yang dimiliki oleh sang pemilik rumah. Kecintaan sang pemilik dibuktikan dengan konsistensinya datang secara teratur dan membersihkan sendiri koleksi-koleksinya.

Terdapat satu ruangan yang khusus disediakan bagi para sanak-saudara Baba- Nyonya yang ingin ziarah dan memberikan rasa hormat kepada para leluhurnya. Selain itu, tersedia juga ruangan sejuk yang khusus disediakan untuk para tamu yang ingin beristirahat sejenak setelah lelah berkeliling mansion.

 

 

Harga tiket masuk
PERANAKAN MANSION
•    Dewasa: RM 10.00
•    Anak-anak (<6 tahun): GRATIS
Yang mengagumkan adalah lantai aslinya masih sama seperti saat mansion ini dibangun. Dapat dikatakan lantai tersebut adalah "saksi bisu" dari perjalanan keluarga Baba-Nyonya.

FUN FACTS
•    Ruang tamu ber-AC juga biasa digunakan oleh para pasangan yang ingin melakukan pemotretan pre-wedding sebagai tempat untuk make-up atau bersiap-siap.
•    Banyak pasangan yang menggunakan mansion ini sebagai lokasi pemotretan pre-wedding. Keuntungannya, tidak dikenakan biaya tambahan, hanya saja dikenakan biaya tiket masuk selayaknya turis lain yang sedang mengunjungi mansion.

TEXT RENNY CHANDRA, WAHAB SANGADJI, ARI ANASTASIA CHR | PHOTOGRAPHER ADIT SASTRADIPRADJA, RENNY CHANDRA, WAHAB SANGADJI, DOK. ISTIMEWA | SPECIAL THANKS TO TOURISM MALAYSIA, AIRASIA