MALAYSIA TRULY HOLIDAY PART 8

Kunjungi Cheong Fatt Tze Mansion dengan segala keindahan dan fasilitasnya yang pasti akan membuat Anda tertarik. Oya, selain memanjakan mata dengan pemandangan indah, lidah Anda pun perlu mencicipi berbagai hidangan nikmat di Anjung Gurney Hawker Center.

Cheong Fatt Tze Mansion
Sebuah mansion bercat biru, Cheong Fatt Tze Mansion atau juga disebut sebagai Blue Mansion, merupakan rumah tinggal seorang konglomerat asal China bernama Cheong Fatt Tze. Ia memiliki banyak mansion di beberapa negara Asia lain seperti di Indonesia, Singapura, Hong Kong dan China, namun Blue Mansion merupakan mansion favoritnya.

Mansion yang dibangun berdasarkan feng shui memiliki elemen-elemen yang sempurna. Dapat Anda rasakan ketika masuk kedalam mansion, sekalipun di luar terik dan panas, namun di dalam rumah terasa sangat sejuk padahal tidak memiliki AC. Hal ini dipercaya, dengan adanya penataan feng shui yang baik maka udara dapat masuk dan memenuhi seluruh bagian rumah.

•    Jadwal harian jika ingin dipandu oleh tour guide adalah pukul 11.00, 13.30 dan 15.00.
•    Biaya perorangan adalah RM 12.00

Mansion ini bukan hanya sebuah museum, Anda pun dapat menginap di tempat ini. Karena terdapat 38 kamar dengan desain kuno dan pastinya akan membawa Anda seakan kembali ke masa lampau. Rumah para asisten rumah tangga dan para penjaga, berada di seberang mansion ini. Siang dan malam secara teratur, mereka membawakan makanan ke mansion.

 

 

Kek Lok Si Temple
Temple besar yang ada di George Town, Penang, memiliki patung Dewi Kwam Im yang sangat besar. Menjelang Chinese New Year, lampion sudah mulai terpasang dan ornamen merah serta banyaknya tulisan berwarna emas mendominasi hampir di seluruh tempat di kuil ini.

Dari puncak di mana letak patung Dewi Kwam Im raksasa berada, Anda dapat melihat Pulau Penang secara menyeluruh. Jika Anda adalah pemeluk agama Buddha, sempatkanlah untuk beribadah sejenak di Kek Lok Si Temple dan jangan lupa menggunakan kaca mata hitam jika mengunjungi temple ini di siang hari.

 

Culinary
Kunjungilah New World Park Hawker Center! Pusat jajanan makanan yang paling ramai ketika jam makan siang, karena berada di tengah area perkantoran. Berbagai kios makanan tersedia di tempat ini, dimulai dari Asian Food sampai Western Food. Cobalah Duck Drumstick Mee Sua, masakan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai makanan herbal, karena masakan ini menggunakan “kici” yaitu obat herbal yang sangat bagus untuk kesehatan mata.
Jika tidak terlalu lapar dan Anda hanya ingin mencicipi berbagai snack atau makanan kecil, cobalah Po Piah, rebung yang dibungkus dengan kulit crepes. Anda bisa menikmatinya dengan sambal yang sudah disediakan. Untuk pencuci mulutnya, jangan sampai melewatkan Ice Batu Campur, campuran ice cream vanilla, kacang merah, cingcau, buah nangka dan yang paling unik adalah buah pisang.

Berikutnya, Anda juga bisa mengunjungi Anjung Gurney Hawker Center, disana terdapat banyak makanan yang tentunya tidak kalah nikmat. Yang harus Anda coba adalah Pasembur yaitu bermacam-macam gorengan yang dapat Anda pilih. Gorengan tersebut akan dipotong-potong lalu disiram dengan bumbu kacang. Jajanan ini sangat cocok dinikmati pada sore menjelang malam hari.
Jangan lupa mencoba Penang Road Cendol & Ice Kacang, antrian panjang seketika menjadi tidak berarti ketika Anda mencicipi kesegarannya!

 

 

Shopping Area
Terdapat beberapa mal besar di Pulau Penang, yaitu One Avenue dan Straits Quay, yang memiliki dua konsep berbeda. One Avenue merupakan mal keluarga dimana banyak sekali toko-toko perbelanjaan dari berbagai merek-internasional. Sedangkan di Straits Quay, bukan toko-toko perbelanjaan yang akan ditemui, melainkan restoran. Banyak restoran tematik dan menjadi tempat “nongkrong” yang seru.
Straits Quay memiliki banyak kios kecil yang menjual berbagai pernak pernik. Berdiri di luar Mal, Anda dapat melihat banyak kapal pesiar yang parkir di dermaga.

 

TEXT RENNY CHANDRA, WAHAB SANGADJI, ARI ANASTASIA CHR | PHOTOGRAPHER ADIT SASTRADIPRADJA, RENNY CHANDRA, WAHAB SANGADJI, DOK. ISTIMEWA | SPECIAL THANKS TO TOURISM MALAYSIA, AIRASIA